Tustel Net
Bunga Matahari Bokeh Close Up

Penasaran dengan Istilah Bokeh? Ini Dia Artinya

Pengertian dari istilah fotografi yang bikin kamu penasaran

Kalau kamu senang dengan fotografi, pasti kamu selalu mendengar atau membacanya. Karena bokeh itu sendiri adalah salah satu istilah yang paling populer dalam dunia fotografi.

Apa sih bokeh itu?

Bokeh adalah sebuah efek blur pada sebuah foto yang nampak pada bagian tertentu diluar bagian fokus yang kita inginkan ketika mengambil gambar. Efek ini dihasilkan oleh lensa kamera yang kita gunakan saat mengambil gambar.

Dengan adanya blur ini membuat area fokus menjadi lebih menonjol, dan membuat bagian diuar area yang kita fokuskan (out of focus) nampak pudar (blurry).

Bokeh itu sendiri berasal dari bahasa Jepang, yang secara harfiah berarti “blur” atau pudar.

Bentuk bokeh

Ada beberapa macam bentuk bokeh, yang dihasilkan bergantung pada jumlah aperture blade yang terdapat dalam sebuah lensa. Semakin banyak jumlah aperture blade dalam sebuah lensa, maka semakin halus pula bentuk bokeh yang dihasilkan.

Lensa bokeh

Pada dasarnya, kualitas bokeh itu sangat dipengaruhi oleh lensa yang digunakan saat mengambil gambar. Lensa-lensa yang paling bagus digunakan untuk mendapatkan kualitas bokeh terbaik memiliki ukuran aperture f/2.8 kebawah (f/1.8, f/1,4, f/1.0, dan seterusnya).

Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan lensa f/4.0 dan f/6.3 juga bisa menghasilkan bokeh. Bagus atau tidaknya bokeh selain dari lensa yang digunakan juga tergantung dari teknik pengambilan gambar.

Bagaimana cara membuat efek bokeh

Untuk menciptakan efek bokeh yang blurry saat mengambil gambar, beberapa tips ini bisa diikuti:

  1. Subyek foto yang menjadi fokus utama berada tidak jauh dari lensa. Letaknya bisa disesuaikan dengan lensa yang digunakan. Biasanya jarak yang ideal 2-3 mete.
  2. Background foto berada agak jauh dari subyek.
  3. Pilihlah background yang memiliki bentuk yang berpola, seperti bunga-bungaan, daun-daunan, ataupun lampu-lampu sehingga memberikan efek bokeh yang lebih menarik.
  4. Gunakan lensa dengan aperture yang lebar. Angka f nya biasanya semakin kecil, memungkinkan aperture yang lebih besar. Contohnya lensa yang memiliki aperture f/1.8

Demikianlah artikel dari popbokeh tentang bokeh yang misterius ini. Semoga menginspirasi kawan-kawan sekalian.

Cheers!

Leave a Reply